TUGAS
PENILAIAN OTENTIK
RUBRIK
STANDAR PENILAIAN MATEMATIKA
Oleh:
M.Mukhlas
Adi Putra
Dosen
Pengampu:
Dr. Syamsurizal,
M.Si
MAGISTER PENDIDIKAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS JAMBI
2012
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS : VIII
STANDAR KOMPETENSI :
Menentukan unsur-unsur ,bagian lingkaran serta ukurannya.
KOMPETENSI DASAR
Menghitung keliling dan luas lingkaran
INDIKATOR
1. Menentukan
nilai phi
2. Menentukan
rumus keliling dan luas lingkaran
3. Menghitung
keliling dan luas lingkaran
SOAL:
1. Jelaskan bagaimana cara
mencari nilai Phi menggunakan rumus keliling lingkaran.
(Standar yang terdapat dalam soal: kemampuan matematis, kemampuan
belajar, keterbukaan, kesimpulan, koherensi)
Jawab:
Misalkan terdapat sebuah lingkaran dengan keliling x cm dan
berdiameter y cm, maka nilai phi dapat dicari dengan membandingkan nilai
keliling dengan diameternya atau dapat ditulis:
dengan hasil bagi yang akan mendekati angka
3,14 atau 22/7.
Kriteria penskoran:
Skor 3 : Membuat pemisalan, menganalisa dan menjawab dengan lengkap hingga
ditemukan hilai pendekatan phi dan disimpulkan menjadi 3,14 atau 22/7.
Skor 2 : Membuat pemisalan, menganalisa dan menjawab
dengan lengkap tanpa disertai kesimpulan menjadi 3,14 atau 22/7.
Skor 1 : Membuat pemisalan tanpa memberikan analisa dan
jawaban.
(Skor total = 3)
2. Hitunglah luas dan
keliling lingkaran jika diketahui diameternya adalah 7 cm. (π=22/7)
(standar yang terdapat dalam soal: kemampuan matematis, kemampuan
belajar, kesimpulan, koherensi)
Jawab:
Luas = π x r2,
(skor 1) r = 7/2 (skor 1)
= 22/7 x 7/2 x 7/2
(skor 1)
= 11 x 7/2 (sistem canceling) (skor 1)
= 77/2 (skor 1)
= 38 1/2 cm2 (skor
1)
Keliling = π x D
(skor 1)
= 22/7
x 7 = 22 cm (skor 1)
(Skor total =
8)
3. Kerjakan soal dibawah
ini. Skor menunjukkan tingkat kesulitan soal.
a. (Skor: 16) Pak
Anton akan membuat taman berukuran 6 m x
5 m ,pada taman tersebut ada kolam berbentuk lingkaran yang berjari-jari 2,5 m,
disekeliling kolam dibuat jalan yang lebarnya 0,5 m dan sisanya ditanami rumput
maka :
1. Hitunglah luas taman
yang dapat ditanami rumput.
2. Jika biaya pembuatan
jalan adalah Rp 300.000’ / m persegi maka, berapakah biaya pembuatan jalan
seluruhnya.
b. (Skor:10) Suatu
lingkaran memiliki keliling 628 cm. Berapa luas setengah lingkarannya?
(standar yang terdapat dalam soal: kemampuan matematis, kemampuan
belajar, keadilan dan kesempatan, keterbukaan, kesimpulan, koherensi)
Jawab:
a. Luas taman:
p x l = 6m x 5m = 30 m2.
(skor 2)
Luas kolam (dengan jalan):
π x r2 = 3,14 x
3 x 3 (skor 2)
= 3,14 x 9 (skor
1)
= 28,26 m2
(skor 1)
Luas kolam (tanpa jalan):
π x r2 = 3,14 x
2,5 x 2,5 (skor 2)
= 3,14 x 6,25
(skor 1)
= 19,625 m2
(skor 1)
1. Luas yang ditanami rumput= luas taman – luas kolam (dengan
jalan)
=
30 m2 – 28,26 m2 = 1,74 m2 (skor 2)
2. Luas jalan = luas kolam
(dengan jalan) – luas kolam (tanpa jalan)
=
28,26 m2 – 19,625 m2 = 8,635 m2. (skor 2)
Biaya pembuatan jalan = 300.000 x 8,635 = Rp. 2.590.500,- (skor 2)
b. K = π x D (skor 1)
628= 3,14 x D (skor 1)
D = 628/3,14 (skor 1)
= 200 cm (skor 1)
R = 100 cm (skor 1)
Luas ½ lingkaran = ½ x
π x r x r (skor 1)
=
½ x 3,14 x 100 x 100 (skor 1)
=
½ x 3,14 x 10000 (skor 1)
=
½ x 31400 (skor 1)
=
15.700 cm2 (skor 1)
(skor total = 26)
4. Hitung luas dan keliling
lingkaran jika diketahui:
a. r = 21 cm
b. d = 20 cm
(standar yang terdapat dalam soal: kemampuan matematis, kemampuan
belajar, kesimpulan, koherensi)
Jawab:
a. Luas = π x r x r (skor 1)
= 22/7 x 21 x 21 (skor 1)
= 22 x
3 x 21 (skor 1)
= 1386
cm2 (skor 1)
Keliling = 2 x π x r
(skor 1)
= 2 x
22/7 x 21 (skor 1)
= 2 x
22 x 3 (skor 1)
= 132
cm (skor 1)
b. Luas = π x r x r, r = 10 cm (skor 2)
= 3,14
x 10 x 10 (skor 1)
= 3,14
x 100 (skor 1)
= 314
cm2 (skor 1)
Keliling = π x d
(skor 1)
= 3,14
x 20 (skor 1)
= 62,8
cm (skor 1)
(Skor total = 16)
Nilai akhir = (skor yang
didapat/skor total) x 100
=
(skor yang didapat/53) x 100
LEMBAR VALIDASI
STANDAR SOAL
No.
|
Dimensi
|
Skor
Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Kemampuan
Matematis
|
||||
Pemecahan Masalah
|
|||||
Menetapkan Persamaan yang
digunakan
|
|||||
Perhitungan
|
|||||
2.
|
Kemampuan
belajar
|
||||
Standar Kompetensi
|
|||||
Kompetensi Dasar
|
|||||
Indikator
|
|||||
3.
|
Keadilan
dan Kesempatan
|
||||
Soal yang diberikan sama untuk
semua kelas
|
|||||
Soal yang diberikan memberikan
kesempatan bagi siswa untuk mengetahui tingkat kesulitan
|
|||||
4.
|
Keterbukaan
|
||||
Pemberian skor dan tingkat
kesulitan
|
|||||
Pengembalian lembar jawaban
|
|||||
Penjelasan letak kesalahan
|
|||||
Remedial untuk siswa yang belum
tuntas
|
|||||
Pengayaan untuk siswa yang tuntas
|
|||||
5.
|
Kesimpulan
|
||||
Tes merupakan uji hasil belajar
yang merangkum seluruh materi pelajaran tertentu
|
|||||
6.
|
Koherensi
|
||||
Tes yang diberikan digunakan untuk
mengetahui pemahaman siswa tentang luas dan keliling lingkaran
|
Keterangan :
Kriteria Skor:
60
= Sangat Baik
59 – 41 = Baik
40 – 31 = Cukup
30 – 21 =
Tidak Baik
≤20
= Sangat Tidak Baik