Jumat, 30 November 2012

Tugas Penilaian Otentik 3: Rubrik dengan 6 Standar Penilaian Matematika


TUGAS PENILAIAN OTENTIK
RUBRIK STANDAR PENILAIAN MATEMATIKA




Oleh:
M.Mukhlas Adi Putra
Dosen Pengampu:
Dr. Syamsurizal, M.Si














MAGISTER PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS JAMBI
2012


MATA PELAJARAN                : Matematika
KELAS                                       : VIII

STANDAR KOMPETENSI :
Menentukan unsur-unsur ,bagian lingkaran serta ukurannya.

KOMPETENSI DASAR
Menghitung keliling dan luas lingkaran

INDIKATOR
1.  Menentukan nilai  phi
2.  Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran
3.  Menghitung keliling dan luas lingkaran

SOAL:
1.    Jelaskan bagaimana cara mencari nilai Phi menggunakan rumus keliling lingkaran.      
(Standar yang terdapat dalam soal: kemampuan matematis, kemampuan belajar, keterbukaan, kesimpulan, koherensi)
Jawab:
Misalkan terdapat sebuah lingkaran dengan keliling x cm dan berdiameter y cm, maka nilai phi dapat dicari dengan membandingkan nilai keliling dengan diameternya atau dapat ditulis:
 dengan hasil bagi yang akan mendekati angka 3,14 atau 22/7.

Kriteria penskoran:
Skor 3 :  Membuat pemisalan, menganalisa dan menjawab dengan lengkap hingga ditemukan hilai pendekatan phi dan disimpulkan menjadi 3,14 atau 22/7.
Skor 2 :  Membuat pemisalan, menganalisa dan menjawab dengan lengkap tanpa disertai kesimpulan menjadi 3,14 atau 22/7.
Skor 1 :  Membuat pemisalan tanpa memberikan analisa dan jawaban.
(Skor  total = 3)

2.    Hitunglah luas dan keliling lingkaran jika diketahui diameternya adalah 7 cm. (π=22/7)
(standar yang terdapat dalam soal: kemampuan matematis, kemampuan belajar, kesimpulan, koherensi)
Jawab:
Luas    = π x r2, (skor 1)    r = 7/2 (skor 1)
            = 22/7 x 7/2 x 7/2 (skor 1)
            = 11 x 7/2  (sistem canceling) (skor 1)
            = 77/2 (skor 1)
            = 38 1/2 cm2 (skor 1)
Keliling           = π x D (skor 1)
                        = 22/7 x 7 = 22 cm (skor 1)
(Skor total = 8)

3.    Kerjakan soal dibawah ini. Skor menunjukkan tingkat kesulitan soal.
a.    (Skor: 16) Pak Anton akan membuat taman berukuran  6 m x 5 m ,pada taman tersebut ada kolam berbentuk lingkaran yang berjari-jari 2,5 m, disekeliling kolam dibuat jalan yang lebarnya 0,5 m dan sisanya ditanami rumput maka :
1.    Hitunglah luas taman yang dapat ditanami rumput.
2.    Jika biaya pembuatan jalan adalah Rp 300.000’ / m persegi maka, berapakah biaya pembuatan jalan seluruhnya.
b.    (Skor:10) Suatu lingkaran memiliki keliling 628 cm. Berapa luas setengah lingkarannya?
(standar yang terdapat dalam soal: kemampuan matematis, kemampuan belajar, keadilan dan kesempatan, keterbukaan, kesimpulan, koherensi)
Jawab:
a.    Luas taman:
p x l     = 6m x 5m = 30 m2. (skor 2)
Luas kolam (dengan jalan):
π x r2    = 3,14 x 3 x 3 (skor 2)
            = 3,14 x 9 (skor 1)
            = 28,26 m2 (skor 1)
Luas kolam (tanpa jalan):
π x r2    = 3,14 x 2,5 x 2,5 (skor 2)
            = 3,14 x 6,25 (skor 1)
            = 19,625 m2 (skor 1)
1. Luas yang ditanami rumput= luas taman – luas kolam (dengan jalan)
                                                = 30 m2 – 28,26 m2 = 1,74 m2 (skor 2)
2. Luas jalan    = luas kolam (dengan jalan) – luas kolam (tanpa jalan)
                        = 28,26 m2 – 19,625 m2 = 8,635 m2. (skor 2)
Biaya pembuatan jalan = 300.000 x 8,635 = Rp. 2.590.500,- (skor 2)

b.    K = π x D (skor 1)
       628= 3,14 x D (skor 1)
       D  = 628/3,14 (skor 1)
            = 200 cm (skor 1)
R = 100 cm (skor 1)
Luas ½ lingkaran         = ½ x π x r x r (skor 1)
                                    = ½ x 3,14 x 100 x 100 (skor 1)
                                    = ½ x 3,14 x 10000 (skor 1)
                                    = ½ x 31400 (skor 1)
                                    = 15.700 cm2 (skor 1)
(skor total = 26)

4.    Hitung luas dan keliling lingkaran jika diketahui:
a.    r = 21 cm
b.    d = 20 cm
(standar yang terdapat dalam soal: kemampuan matematis, kemampuan belajar, kesimpulan, koherensi)
Jawab:
a.    Luas         = π x r x r (skor 1)
                        = 22/7 x 21 x 21 (skor 1)
                        = 22 x 3 x 21 (skor 1)
                        = 1386 cm2 (skor 1)
Keliling           = 2 x π x r (skor 1)
                        = 2 x 22/7 x 21 (skor 1)
                        = 2 x 22 x 3 (skor 1)
                        = 132 cm (skor 1)
b.    Luas         = π x r x r, r = 10 cm (skor 2)
                        = 3,14 x 10 x 10 (skor 1)
                        = 3,14 x 100 (skor 1)
                        = 314 cm2 (skor 1)
Keliling           = π x d (skor 1)
                        = 3,14 x 20 (skor 1)
                        = 62,8 cm (skor 1)
(Skor total = 16)

Nilai akhir       = (skor yang didapat/skor total) x 100
                        = (skor yang didapat/53) x 100
















LEMBAR VALIDASI STANDAR SOAL

No.
Dimensi
Skor Penilaian
1
2
3
4
1.
Kemampuan Matematis





Pemecahan Masalah





Menetapkan Persamaan yang digunakan





Perhitungan




2.
Kemampuan belajar





Standar Kompetensi





Kompetensi Dasar





Indikator




3.
Keadilan dan Kesempatan





Soal yang diberikan sama untuk semua kelas





Soal yang diberikan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengetahui tingkat kesulitan




4.
Keterbukaan





Pemberian skor dan tingkat kesulitan





Pengembalian lembar jawaban





Penjelasan letak kesalahan





Remedial untuk siswa yang belum tuntas





Pengayaan untuk siswa yang tuntas




5.
Kesimpulan





Tes merupakan uji hasil belajar yang merangkum seluruh materi pelajaran tertentu




6.
Koherensi





Tes yang diberikan digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang luas dan keliling lingkaran





Keterangan :
Kriteria Skor:
             60               = Sangat Baik
            59 – 41           = Baik
            40 – 31           = Cukup
            30 – 21           = Tidak Baik
            ≤20                 = Sangat Tidak Baik