Tugas Penilaian Otentik Ke-empat
Pembuatan Soal berdasarkan Kriteria Reasoning Strategy (Strategi
Kognitif dan Metakognitif)
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
VI
Materi :
Luas Gabungan Bangun Datar
1. Penilaian Kognitif Strategy
Kognitif Strategy
|
Soal
|
Kriteria/skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Analyze
|
Tentukan
bangun datar apa saja yang terdapat dalam gambar serta tentukan luas gabungan
bangun diatas.
|
Hanya
mengidentifikasi bangun tanpa mencari luasnya
|
Mengidentifikasi
bangun, mencari luas bangun tanpa prosedur yang berurutan/lengkap sesuai
bangun yang disebutkan
|
Mengidentifikasi
bangun, mencari luas bangun dengan prosedur yang hampir berurutan dan lengkap
sesuai bangun yang disebutkan
|
Mengidentifikasi
bangun, mencari luas bangun sesuia prosedur urutan dan lengkap.
|
Comparison
|
Sebuah taman
berbentuk persegi dengan panjang sisi 32 m akan ditanami rumput. Didalam
taman dibuat kolam berbentuk lingkaran dengan jari-jari 10 m serta jalan
selebar 1 m yang mengelilingi kolam.
a. Berapa
luas taman yang ditanami rumput?
b. Berapa
luas jalan yang mengelilingi kolam?
|
a. Luas
rumput = luas taman – luas kolam dengan jalan.
b. Luas jalan
= luas kolam dengan jalan – luas kolam
|
a. Luas
rumput = luas taman – luas kolam dengan jalan.
= (pxl)-(π x
r2)
b. Luas jalan
= luas kolam dengan jalan – luas kolam
= (π x rkj2)
– (π x rk2)
|
a. Luas
rumput = luas taman – luas kolam dengan jalan.
= (pxl)-(π x
r2)
= (32x32) –
(3,14 x 122)
b. Luas jalan
= luas kolam dengan jalan – luas kolam
= (π x rkj2)
– (π x rk2)
= (3,14 x 122)
– (3,14 x 102)
|
a. Luas
rumput = luas taman – luas kolam dengan jalan.
= (pxl)-(π x
r2)
= (32x32) –
(3,14 x 122)
= 1024 –
452,16
= 571,84 m2.
b. Luas jalan
= luas kolam dengan jalan – luas kolam
= (π x rkj2)
– (π x rk2)
= (3,14 x 122)
– (3,14 x 102)
= 452,16 –
314
= 138,16 m2.
|
Inference and
interpretation
|
Ayah memiliki
sebidang tanah berbentuk persegi dengn panjang sisi 9 m. Ayah meminta Tukang
Taman membuat kolam berbentuk belah ketupat yang luasnya maksimal sepertiga
luas tanah. Berikan panjang diagonal 1 dan diagonal 2 yang mungkin agar luas
kolam maksimal sama dengan sepertiga luas tanah.
|
Prosedur
standar:
L.tanah = sxs
= 9 x 9 = 81
m2.
|
Prosedur
standar:
L.tanah = sxs
= 9 x 9 = 81
m2.
Estimasi:
1/3 x 81 = 27
m2.
Jadi, luas
tanah maksimal utk kolam = 27 m2.
|
Prosedur
standar:
L.tanah = sxs
= 9 x 9 = 81
m2.
Estimasi:
1/3 x 81 = 27
m2.
Jadi, luas
tanah maksimal utk kolam = 27 m2.
Trial n
error:
L.kolam = (d1
x d2) : 2
27 =
(d1xd2):2
d1 x d2 = 54
m2.
|
Prosedur
standar:
L.tanah = sxs
= 9 x 9 = 81
m2.
Estimasi:
1/3 x 81 = 27
m2.
Jadi, luas
tanah maksimal utk kolam = 27 m2.
Trial n
error:
L.kolam = (d1
x d2) : 2
27 =
(d1xd2):2
d1 x d2 = 54
m2.
9 x 6 = 54 m2.
Jadi, panjang
masing-masing diagonal d1 dan d2 agar luas kolam = 1/3 luas tanah adalah 9 m
dan 6 m.
|
Evaluation
|
Hitung luas
daerah yang diarsir.
Berikan
solusi terbaik dalam menyelesaikan soal diatas dan beri alasan atas solusi
tersebut.
|
Memberi
solusi namun tidak disertai penjelasan dan perhitungan, solusi yang diberikan
asal-asalan.
|
Memberi solusi
disertai alasannya yang masuk akal, tidak memberikan perhitungan atau
memberikan perhitungan namun hanya sebatas teori.
|
Memberi
solusi disertai alasannya, mengerjakan perhitungan namun tidak lengkap dan
prosedurnya tidak sepenuhnya benar.
|
Memberi solusi
disertai alasan yang meyakinkan disertai bukti dengan mengerjakan perhitungan
dengan lengkap hingga didapatkan hasil sertaprosedurnya benar.
|
2. Penilaian Metakognitif Strategy
Meta kognitif Strategy
|
Soal
|
Kriteria/skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Planning
|
Rencanakan
sebuah pengukuran menggunakan konsep luas gabungan serta luas daerah yang
diarsir, kasus dapat diambil dari lingkungan sekitarmu. Buat gambarnya dalam
bentuk bangun datar gabungan.
|
Mengambar
denah sederhana namun tidak disertai detail, tidak merencanakan perhitungan.
|
Menggambar
denah sederhana disertai detail, perencanaan perhitungan sangat sederhana.
|
Menggambar
denah yang rumit disertai detail, perencanaan perhitungan agak kompleks.
|
Menggambar
denah yang rumit dengan detail, perencanaan perhitungan yang kompleks.
|
Drafting and
lrying
|
Hitung luas
gabungan dan luas suatu bangun pada denah yang dibuat menggunakan konsep luas
gabungan, lakukan pengujian untuk setiap bangun yang berbeda dari denah yang
dibuat.
|
Melakukan
perhitungan tidak sesuai prosedur dan perhitungan yang dilakukan sangat
sederhana/tidak menghitung secara keseluruhan dari bangun yang ada.
|
Melakukan
perhitungan sesuai prosedur namun tidak lengkap, perhitungan yang dilakukan
sangat sederhana/tidak menghitung keseluruhan bangun.
|
Melakukan
perhitungan sesuai prosedur namun tidak lengkap, perhitungan yang dilakukan
kompleks dan mencakup semua bangun yan ada didenah.
|
Melakukan
perhitungan sesuai prosedur dan lengkap, perhitungan yang dilakukan kompleks
dan mencakup semua bangun yang ada di denah.
|
Monitoring
and revising
|
Cek kembali
hasil pekerjaan anda dengan menghitung jumlah luas setiap bangun dan
membandingkannya dengan luas keseluruhan gabungan dari denah tersebut hingga
didapatkan kecocokan.
|
Melakukan
pengecekan dan perhitungan tidak sesuai prosedur (acak-acakan), hasil yang
didapat tidak cocok.
|
Hasil yang
didapat cocok, namun proses perhitungan tidak sesuai prosedur atau
acak-acakan.
|
Hasil yang
didapatkan cocok, proses perhitungan hampir teratur dan sesuai prosedur.
|
Hasil yang didapatkan
cocok dan proses perhitungan sesuai langkah-langkah prosedur.
|
Evaluation
and reflection
|
Berikan
kesimpulan anda mengenai hasil perhitungan dan berikan alasan penggunaan
perhitungan itu ditinjau dari konsep luas gabungan.
|
Menyimpulkan
hasil perhitungan dengan tidak benar atau tidak sesuai konsep luas gabungan
|
Menyimpulkan
hasil perhitungan dengan benar, namun alasan yang dberikan tidak sesuai
konsep luas gabungan
|
Menyimpulkan
hasil perhitungan dengan benar, namun alasan yang diberikan sedikit menyentuh
konsep luas gabungan
|
Menyimpulkan
hasil perhitungan dengan benar, alasan yang diberikan benar dan sesuai konsep
luas gabungan.
|
Keterangan penilaian:
Dari hasil setiap skor
dijumlahkan dan ditentukan nilai akhir sesuai dengan persamaan:
H = (Jumlah skor/ skor
maksimal) x 100
Skor maksimal = 32
Criteria kualitatif
hasil penilaian
80 – 100
= sangat baik
60 – 80
= baik
40 – 60
= sedang
20 – 40
= tidak baik
≤ 19
= sangat tidak baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar