Jumat, 07 Desember 2012

Tugas 4- Penilaian Reasoning Strategy


Tugas Penilaian Otentik Ke-empat
Pembuatan Soal berdasarkan Kriteria Reasoning Strategy (Strategi Kognitif dan Metakognitif)

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                           : VI
Materi                          : Luas Gabungan Bangun Datar

1.  Penilaian Kognitif Strategy
Kognitif Strategy
Soal
Kriteria/skor
1
2
3
4
Analyze
Tentukan bangun datar apa saja yang terdapat dalam gambar serta tentukan luas gabungan bangun diatas.
Hanya mengidentifikasi bangun tanpa mencari luasnya
Mengidentifikasi bangun, mencari luas bangun tanpa prosedur yang berurutan/lengkap sesuai bangun yang disebutkan
Mengidentifikasi bangun, mencari luas bangun dengan prosedur yang hampir berurutan dan lengkap sesuai bangun yang disebutkan
Mengidentifikasi bangun, mencari luas bangun sesuia prosedur urutan dan lengkap.
Comparison
Sebuah taman berbentuk persegi dengan panjang sisi 32 m akan ditanami rumput. Didalam taman dibuat kolam berbentuk lingkaran dengan jari-jari 10 m serta jalan selebar 1 m yang mengelilingi kolam.
a. Berapa luas taman yang ditanami rumput?
b. Berapa luas jalan yang mengelilingi kolam?
a. Luas rumput = luas taman – luas kolam dengan jalan.

b. Luas jalan = luas kolam dengan jalan – luas kolam
a. Luas rumput = luas taman – luas kolam dengan jalan.
= (pxl)-(π x r2)

b. Luas jalan = luas kolam dengan jalan – luas kolam
= (π x r­kj2) – (π x rk2)
a. Luas rumput = luas taman – luas kolam dengan jalan.
= (pxl)-(π x r2)
= (32x32) – (3,14 x 122)

b. Luas jalan = luas kolam dengan jalan – luas kolam
= (π x r­kj2) – (π x rk2)
= (3,14 x 122) – (3,14 x 102)
a. Luas rumput = luas taman – luas kolam dengan jalan.
= (pxl)-(π x r2)
= (32x32) – (3,14 x 122)
= 1024 – 452,16
= 571,84 m2.

b. Luas jalan = luas kolam dengan jalan – luas kolam
= (π x r­kj2) – (π x rk2)
= (3,14 x 122) – (3,14 x 102)
= 452,16 – 314
= 138,16 m2.
Inference and interpretation
Ayah memiliki sebidang tanah berbentuk persegi dengn panjang sisi 9 m. Ayah meminta Tukang Taman membuat kolam berbentuk belah ketupat yang luasnya maksimal sepertiga luas tanah. Berikan panjang diagonal 1 dan diagonal 2 yang mungkin agar luas kolam maksimal sama dengan sepertiga luas tanah.
Prosedur standar:
L.tanah = sxs
= 9 x 9 = 81 m2.
Prosedur standar:
L.tanah = sxs
= 9 x 9 = 81 m2.
Estimasi:
1/3 x 81 = 27 m2.
Jadi, luas tanah maksimal utk kolam = 27 m2.

Prosedur standar:
L.tanah = sxs
= 9 x 9 = 81 m2.
Estimasi:
1/3 x 81 = 27 m2.
Jadi, luas tanah maksimal utk kolam = 27 m2.
Trial n error:
L.kolam = (d1 x d2) : 2
27 = (d1xd2):2
d1 x d2 = 54 m2.

Prosedur standar:
L.tanah = sxs
= 9 x 9 = 81 m2.
Estimasi:
1/3 x 81 = 27 m2.
Jadi, luas tanah maksimal utk kolam = 27 m2.
Trial n error:
L.kolam = (d1 x d2) : 2
27 = (d1xd2):2
d1 x d2 = 54 m2.
9 x 6 = 54 m2.
Jadi, panjang masing-masing diagonal d1 dan d2 agar luas kolam = 1/3 luas tanah adalah 9 m dan 6 m.
Evaluation

Hitung luas daerah yang diarsir.
Berikan solusi terbaik dalam menyelesaikan soal diatas dan beri alasan atas solusi tersebut.
Memberi solusi namun tidak disertai penjelasan dan perhitungan, solusi yang diberikan asal-asalan.
Memberi solusi disertai alasannya yang masuk akal, tidak memberikan perhitungan atau memberikan perhitungan namun hanya sebatas teori.
Memberi solusi disertai alasannya, mengerjakan perhitungan namun tidak lengkap dan prosedurnya tidak sepenuhnya benar.
Memberi solusi disertai alasan yang meyakinkan disertai bukti dengan mengerjakan perhitungan dengan lengkap hingga didapatkan hasil sertaprosedurnya benar.


2.  Penilaian Metakognitif Strategy
Meta kognitif Strategy
Soal
Kriteria/skor
1
2
3
4
Planning
Rencanakan sebuah pengukuran menggunakan konsep luas gabungan serta luas daerah yang diarsir, kasus dapat diambil dari lingkungan sekitarmu. Buat gambarnya dalam bentuk bangun datar gabungan.
Mengambar denah sederhana namun tidak disertai detail, tidak merencanakan perhitungan.
Menggambar denah sederhana disertai detail, perencanaan perhitungan sangat sederhana.
Menggambar denah yang rumit disertai detail, perencanaan perhitungan agak kompleks.
Menggambar denah yang rumit dengan detail, perencanaan perhitungan yang kompleks.
Drafting and lrying
Hitung luas gabungan dan luas suatu bangun pada denah yang dibuat menggunakan konsep luas gabungan, lakukan pengujian untuk setiap bangun yang berbeda dari denah yang dibuat.
Melakukan perhitungan tidak sesuai prosedur dan perhitungan yang dilakukan sangat sederhana/tidak menghitung secara keseluruhan dari bangun yang ada.
Melakukan perhitungan sesuai prosedur namun tidak lengkap, perhitungan yang dilakukan sangat sederhana/tidak menghitung keseluruhan bangun.
Melakukan perhitungan sesuai prosedur namun tidak lengkap, perhitungan yang dilakukan kompleks dan mencakup semua bangun yan ada didenah.
Melakukan perhitungan sesuai prosedur dan lengkap, perhitungan yang dilakukan kompleks dan mencakup semua bangun yang ada di denah.
Monitoring and revising
Cek kembali hasil pekerjaan anda dengan menghitung jumlah luas setiap bangun dan membandingkannya dengan luas keseluruhan gabungan dari denah tersebut hingga didapatkan kecocokan.
Melakukan pengecekan dan perhitungan tidak sesuai prosedur (acak-acakan), hasil yang didapat tidak cocok.
Hasil yang didapat cocok, namun proses perhitungan tidak sesuai prosedur atau acak-acakan.
Hasil yang didapatkan cocok, proses perhitungan hampir teratur dan sesuai prosedur.
Hasil yang didapatkan cocok dan proses perhitungan sesuai langkah-langkah prosedur.
Evaluation and reflection
Berikan kesimpulan anda mengenai hasil perhitungan dan berikan alasan penggunaan perhitungan itu ditinjau dari konsep luas gabungan.
Menyimpulkan hasil perhitungan dengan tidak benar atau tidak sesuai konsep luas gabungan
Menyimpulkan hasil perhitungan dengan benar, namun alasan yang dberikan tidak sesuai konsep luas gabungan
Menyimpulkan hasil perhitungan dengan benar, namun alasan yang diberikan sedikit menyentuh konsep luas gabungan
Menyimpulkan hasil perhitungan dengan benar, alasan yang diberikan benar dan sesuai konsep luas gabungan.

Keterangan penilaian:
Dari hasil setiap skor dijumlahkan dan ditentukan nilai akhir sesuai dengan persamaan:

H = (Jumlah skor/ skor maksimal) x 100

Skor maksimal = 32
Criteria kualitatif hasil penilaian
80 – 100          = sangat baik
60 – 80            = baik
40 – 60            = sedang
20 – 40            = tidak baik
≤ 19                 = sangat tidak baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar