Selasa, 18 Desember 2012

Tugas Penilaian Otentik-5 : Instrumen penilaian Praktikum


TUGAS PENILAIAN OTENTIK
INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIKUM




Oleh:
M.Mukhlas Adi Putra
A2F011028
Dosen Pengampu:
Dr. rer. nat Rayandra Asyhar, M.Si














MAGISTER PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS JAMBI
2012



PRAKTIKUM DEBIT
Mata pelajaran          :  Matematika
Kelas                           : VI Sekolah Dasar   
Langkah-langkah Panduan Praktikum Debit:
1.      Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok dan setiap kelompok memiliki ketua kelompoknya masing-masing.
2.      Sebelum memulai praktikum debit, cobalah terlebih dahulu para siswa sekalian membawa masalah debit ini ke dunia nyata. Berdiskusilah dalam kelompok\serta analisalah apa saja hubungan yang terjadi didalamnya berdasarkan informasi yang disediakan berikut ini. Informasi tersebut adalah: Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).
3.      Setelah berdiskusi dan menuliskan hasilnya di kertas, para siswa akan segera melakukan praktikum debit. Siapkanlah alat dan bahan berikut: Gelas kimia, stopwatch, selang dengan diameter 5 cm dan 10 cm dan panjang masing-masing 30 cm serta kran air (di dalam laboratorium).
4.      Pasanglah selang berdiameter 5 cm dan panjang 30 cm pada keran. Jika selang tidak muat untuk dimasukkan ke mulut keran, tambahkan selang penyambung pada mulut keran untuk disambungkan pada ujung selang. Dorong selang ke arah mulut keran sambil diputar perlahan agar selang cukup mampat dan mampu menahan rembesan air yang keluar dari mulut keran. Cek kemampatannya dengan cara menghidupkan keran.
5.      Ambil gelas kimia dan letakkan persis dibawah selang. Usahakan posisi gelas kimia lebih rendah daripada keran. Siapkan stopwatch untuk mencatat waktu ketika air mengalir dari keran.
6.      Buka keran penuh dengan cara memutar secepat mungkin, amati air yang mengalir ke gelas kimia, dan tutup keran dengan cepat ketika air di gelas kimia mencapai angka 300 ml. catat waktunya.
7.      Ulangi langkah 4 sampai 6 untuk selang berdiameter 10 cm.
8.      Htunglah debitnya sesuai data volume dan waktu yang didapat.
9.      Setelah praktikum selesai, berdiskusilah dengan anggota kelompok untuk memberikan kesimpulan mengenai pemahaman tentang debit dalam bentuk tulisan.
10.  Lakukan kegiatan yang berhubungan dengan debit diluar sekolah (misal: membantu ibu mengisi bak mandi, membantu ayah mengisi minyak kedalam wadah, dll) dan catat hasil kegiatanmu.

Lembar Mengorganisir Informasi
·         Sebelum memulai praktikum debit, cobalah terlebih dahulu para siswa sekalian membawa masalah debit ini ke dunia nyata. Berdiskusilah dalam kelompok\serta analisalah apa saja hubungan dengan debit yang terjadi didalamnya berdasarkan informasi yang disediakan berikut ini. Informasi tersebut adalah: Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).
Berdasarkan pertanyaan tersebut, maka rubrik yang bisa dibuat adalah sebagai berikut:
Aspek
Skor
1
2
3
4
Memberikan informasi mengenai debit




Memberikan hubungan antara volume dan waktu




Memberikan perbandingan




Kriteria:
Skor 4  = Baik
Skor 3  = Cukup
Skor 2  = Kurang
Skor 1  = Sangat kurang
Nilai Max= 12

Lembar Instrumen Penilaian Kognitif
Lembar instrumen ini diberikan kepada siswa sebelum praktikum dimulai. Siswa diminta menjawab soal-soal yang berhubungan dengan debit dengan cara melakukan praktikum terlebih dahulu. Hasil yang diperoleh bervariasi tergantung praktikum yang dikerjakan.
Soal:
1.      Tuangkan air dari keran yang dialirkan melalui selang berdiameter 5 cm. buka tutup keran penuh, kemudian masukkan air kedalam gelas kimia hingga isinya tepat 300 ml. Catat waktunya menggunakan stopwatch. Berapa debit air tersebut?
2.      Tuangkan air melalui selang berdiameter 10 cm dengan keran yang terbuka penuh ke dalam gelas kimia dengan volume air tetap 300 ml. Catat waktunya dan hitunglah debit air tersebut.
3.      Berikan kesimpulan mengenai debit berdasarkan hasil percobaanmu.


Jawaban Instrumen Penilaian Kognitif:
1.      Debit   = volume : waktu (nilai max=1)
= 300 ml : …(waktu yang didapat pada praktikum) menit/detik (nilai max=2)
= …….ml/menit(detik) (hasil pembagian volume dengan waktu yang didapat saat praktikum) (Nilai max=1)
2.      Debit   = volume : waktu (nilai max=1)
= 300 ml : …(waktu yang didapat pada praktikum) menit/detik (nilai max=2)
= …….ml/menit(detik) (hasil pembagian volume dengan waktu yang didapat saat praktikum) (Nilai max=1)
3.      Debit adalah perbandingan antara volume dengan waktu. (Nilai max= 2)
Total nilai maksimal = 10

Lembar Instrumen Penilaian Psikomotorik
Lembar instrumen ini bertujuan untuk menilai kemampuan psikomotorik siswa selama praktikum dengan cara mengobservasi kinerja siswa selama praktikum berlangsung. Berilah tanda centrang (v) dibawah skor 4 bila anda anggap cara melakukan aspek keterampilan tersebut sangat tepat, 3 jika tepat, 2 jika kurang tepat dan 1 jika tidak tepat.

Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
1
2
3
4
Mempersiapkan alat dan bahan pada meja kerja





Memasang selang pada keran





Menyiapkan kertas untuk mencatat percobaan





Mengukur tinggi air sesuai volume yang ditentukan





Mengukur waktu dan cara memegang stopwatch





Cara meletakkan selang dan gelas kimia saat air dituangkan





Cara memutar keran





Mencatat hasil pengukuran dengan satuan yang tepat





Mengecek hasil pengukuran dan mencari debit yang diminta






Skor maksimal= 9 aspek x 4 skor tertinggi = 36


Lembar Audience Beyond the School
1.      Lakukan kegiatan yang berhubungan dengan debit diluar sekolah (misal: membantu ibu mengisi bak mandi, membantu ayah mengisi minyak kedalam wadah, dll) dan catat hasil kegiatanmu dan buat dalam bentuk karangan.
Rubrik penilaian untuk tugas diluar sekolah adalah sebagai berikut:
Aspek
Skor
1
2
3
4
Mengkomunikasikan pengetahuan dengan orang sekitar




Menunjukkan performa/tindakan sesuai prinsip yang diajarkan




Kriteria:
Skor 4  = Baik
Skor 3  = Cukup
Skor 2  = Kurang
Skor 1  = Sangat kurang
Skor max = 8

PENILAIAN AKHIR:
Nilai = (jumlah skor yg didapat/jumlah skor maksimal) x 100%
(jumlah skor yg didapat/66) x 100

1 komentar: