Selasa, 06 November 2012

INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK


TUGAS PENILAIAN OTENTIK
INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK




Oleh:
M.Mukhlas Adi Putra
Dosen Pengampu:
Dr. Risnita, M.Pd














MAGISTER PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS JAMBI
2012



KISI-KISI BUTIR SOAL PENILAIAN KOGNITIF
Standar kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Aspek
Jumlah Soal
C1
C2
C3
C4
C5
Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah
1.      Mengenal satuan debit
2.      Menjelaskan masalah berkaitan dengan satuan debit
1.      Mendefinisikan satuan debit
2.      Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan debit
3.      Menentukan rumus satuan debit
4.      Menganalisa hubungan volume air dengan waktu
1





4


















3







2
1

1




1


1








4

LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
1.      Apa yang dimaksud dengan  debit?
2.      Brdasarkan apa yang telah dipelajari, tentukanlah rumusan dari debit.
3.      Terdapat sebuah selang yang mengalirkan air sebanyak 1500 cm3 dalam waktu 30 menit. Apa arti dari pernyataan ini?
4.      Untuk mengisi sebuah tempat minyak tanah berkapasitas 20 m3, dibutuhkan waktu 5 menit. Tentukan debitnya.

KUNCI JAWABAN DAN SKOR
KUNCI JAWABAN:
1.      Debit adalah banyaknya volume air/fluida yang mengalir per satuan waktu.
2.       
3.      Artinya selama 30 menit, selang mengalirkan air sebanyak 1500 cm3 atau debit air yang mengalir adalah 50 cm3 per menit.
4.      Diket     : Volume = 20 m3
               Waktu = 5 menit
Ditanya : debit?
5.      Jawab    :
             = 4 m3/menit

PENSKORAN :
Aspek
Skor
Uraian
Pemahaman soal
0
1
2
3
Tidak ada usahan memahami soal
Salah interpretasi soal keseluruhan
Salah interpretasi sebagian soal
Interpretasi soal benar seluruhnya
Penyelesaian soal
0
1
2

3
Tidak ada usaha
Penyelesaian soal tidak sesuai prosedur
Penyelesaian soal sebagian prosedurnya benar, namun masih terdapat kesalahan
Prosedur sudah tepat
Menjawab soal
0
1
2
3
Tidak ada jawaban
Terdapat jawaban namun salah total/tidak ada label/satuan
Ada jawaban, namun sebagian salah/tidak ada label.satuan
Jawaban benar/penyelesaian benar seluruhnya

Penskoran nilai:

=
=







LEMBAR TES AFEKTIF
Tujuan    : Lembar Tes Afektif digunakan oleh guru untuk mengakses (mendapatkan informasi) tentang minat dan motivasi siswa saat mengikuti eksperimen tentang debit.

Petunjuk:  1.  Amati komponen-komponen afektif yang tampak dalam proses pembelajaran.
                   2.  Ambil posisitidak jauh dari kelompok/siswa yang diamati pada saat melakukan pengematan.
                   3. Berikan tanda Ö pada lajur yang sesuai

Nama Siswa   :           ____________________________________

No
Aspek yang dinilai

Skor

Nilai
0
1
2
3
1
Menanggapi pendapat orang lain selama proses pembelajaran





2
Mengajukan pertanyaan selama proses pembelajaran





3
Menyampaikan ide/pendapat selama proses pembelajaran





4
Bekerjasama dalam kelompok





5
Aktif selama eksperimen berlangsung





Total

Kriteria Pemberian Skor Aspek No. 1
Skor 0 =   Tidak memberikan pendapat
Skor 1 =   Memberikan tanggapan tetapi tidak sesuai pokok permasalahan
Skor2 =    Memberikan tanggapan yangkurang sesuai pokok permasalahan
Skor3 =    Memberikan tanggapan sesuai pokok permasalahan
Kriteria Pemberian Skor Aspek No. 2
Skor 0 =   Tidak mengajukan pertanyaan
Skor 1 =   Mengajukan pertanyaan tetapi tidak sesuai pokok permasalahan
Skor2 =    Mengajukan pertanyaan kurang sesuai pokok permasalahan
Skor3 =    Mengajukan pertanyaan sesuai pokok permasalahan
Kriteria Pemberian Skor Aspek No. 3
Skor 0 =   Tidak memberikan pendapat
Skor 1 =   Mengajukan pendapat tetapi tidak sesuai pokok permasalahan
Skor2 =    Mengajukan pendapat kurang sesuai pokok permasalahan
Skor3 =    Mengajukan pendapat sesuai pokok permasalahan
Kriteria Pemberian Skor Aspek No. 4
Skor 0 =   Tidak bekerjasama dalam kelompok
Skor 1 =   Kurang bekerjasama dalam kelompok
Skor2 =    Bekerjasama dalam kelompok dengan baik
Skor3 =    Sangat baik kerjasama dalam kelompok
Kriteria Pemberian Skor Aspek No. 5
Skor 0 =   Tidak aktif selama eksperimen berlangsung
Skor 1 =   Kurang aktif selama eksperimen berlangsung
Skor2 =    Aktif selama eksperimen berlangsung
Skor3 =    Sangat aktif selama eksperimen berlangsung

Kriteria Keseluruhan/Total:Merupakan nilai hasil penjumlahan setiap aspek dengan rincian:
Total 13-15      = amat baik
Total 10-12      = baik
Total 7-9          = sedang
Total 5-6          = kurang
Total 0-4          = sangat kurang














LEMBAR TES PSIKOMOTOR
Tujuan    : Lembar Tes Psikomotor digunakan oleh guru untuk mengakses (mendapatkan informasi) tentang keterampilan psikomotor siswa saat eksperimen tentang debit berlangsung.

Petunjuk: 1.   Amati komponen-komponen psikomotor yang tampak dalam proses pembelajaran.
                   2.  Ambil posisi tidak jauh dari kelompok/siswa yang diamati pada saat melakukan pengematan.
                   3. Berikan tanda Ö pada lajur yang sesuai

Nama Siswa   :           ____________________________________
No
Aspek yang dinilai
Skor
0
1
2
3
1
Melakukan eksperimen menggunakan alat-alat yang tersedia untuk mengetahui hubungan debit terhadap volume dan waktu




Kriteria Pemberian Skor:
Skor 0 =   Tidak mampu melakukan eksperimen seperti yang telah diinstruksikan
Skor 1 =   Kurang mampu melakukan eksperimen seperti yang telah diinstruksikan
Skor2 =    Cukup mampu melakukan eksperimen seperti yang telah diinstruksikan
Skor3 =    Sangat terampil melakukan eksperimen seperti yang telah diinstruksikan

 

1 komentar: