TUGAS
PENILAIAN OTENTIK
INSTRUMEN
PENILAIAN KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK
Oleh:
M.Mukhlas
Adi Putra
Dosen
Pengampu:
Dr.
Risnita, M.Pd
MAGISTER PENDIDIKAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS JAMBI
2012
KISI-KISI BUTIR SOAL PENILAIAN KOGNITIF
Standar
kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Aspek
|
Jumlah Soal
|
||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
||||
Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah
|
1.
Mengenal
satuan debit
2.
Menjelaskan
masalah berkaitan dengan satuan debit
|
1.
Mendefinisikan
satuan debit
2.
Melakukan
operasi hitung yang melibatkan satuan debit
3.
Menentukan
rumus satuan debit
4.
Menganalisa
hubungan volume air dengan waktu
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
1
1
1
|
|
4
|
LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
1.
Apa
yang dimaksud dengan debit?
2.
Brdasarkan
apa yang telah dipelajari, tentukanlah rumusan dari debit.
3.
Terdapat
sebuah selang yang mengalirkan air sebanyak 1500 cm3 dalam waktu 30
menit. Apa arti dari pernyataan ini?
4.
Untuk
mengisi sebuah tempat minyak tanah berkapasitas 20 m3, dibutuhkan
waktu 5 menit. Tentukan debitnya.
KUNCI
JAWABAN DAN SKOR
KUNCI JAWABAN:
1.
Debit
adalah banyaknya volume air/fluida yang mengalir per satuan waktu.
2.
3.
Artinya
selama 30 menit, selang mengalirkan air sebanyak 1500 cm3 atau debit
air yang mengalir adalah 50 cm3 per menit.
4.
Diket : Volume = 20 m3
Waktu = 5 menit
Ditanya : debit?
5.
Jawab :
= 4 m3/menit
PENSKORAN :
Aspek
|
Skor
|
Uraian
|
Pemahaman
soal
|
0
1
2
3
|
Tidak
ada usahan memahami soal
Salah
interpretasi soal keseluruhan
Salah
interpretasi sebagian soal
Interpretasi
soal benar seluruhnya
|
Penyelesaian
soal
|
0
1
2
3
|
Tidak
ada usaha
Penyelesaian
soal tidak sesuai prosedur
Penyelesaian
soal sebagian prosedurnya benar, namun masih terdapat kesalahan
Prosedur
sudah tepat
|
Menjawab
soal
|
0
1
2
3
|
Tidak
ada jawaban
Terdapat
jawaban namun salah total/tidak ada label/satuan
Ada
jawaban, namun sebagian salah/tidak ada label.satuan
Jawaban
benar/penyelesaian benar seluruhnya
|
Penskoran
nilai:
=
=
LEMBAR
TES AFEKTIF
Tujuan : Lembar
Tes Afektif digunakan oleh guru untuk mengakses (mendapatkan informasi) tentang
minat dan motivasi siswa saat mengikuti eksperimen tentang debit.
Petunjuk: 1. Amati
komponen-komponen afektif yang tampak dalam proses pembelajaran.
2. Ambil
posisitidak jauh dari kelompok/siswa yang diamati pada saat melakukan
pengematan.
3.
Berikan tanda Ö pada lajur yang sesuai
Nama
Siswa : ____________________________________
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
0
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
Menanggapi pendapat orang lain selama
proses pembelajaran
|
|||||
2
|
Mengajukan pertanyaan selama proses
pembelajaran
|
|||||
3
|
Menyampaikan ide/pendapat selama
proses pembelajaran
|
|||||
4
|
Bekerjasama dalam kelompok
|
|||||
5
|
Aktif selama eksperimen berlangsung
|
|||||
Total
|
Skor 0 = Tidak memberikan pendapat
Skor 1 = Memberikan tanggapan tetapi tidak sesuai pokok permasalahan
Skor2 = Memberikan tanggapan yangkurang sesuai pokok permasalahan
Skor3 = Memberikan tanggapan sesuai pokok permasalahan
Kriteria
Pemberian Skor Aspek No. 2
Skor 0 = Tidak mengajukan pertanyaan
Skor 1 = Mengajukan pertanyaan tetapi tidak sesuai pokok permasalahan
Skor2 = Mengajukan pertanyaan kurang sesuai pokok permasalahan
Skor3 = Mengajukan pertanyaan sesuai pokok permasalahan
Kriteria
Pemberian Skor Aspek No. 3
Skor 0 = Tidak memberikan pendapat
Skor 1 = Mengajukan pendapat tetapi tidak sesuai pokok permasalahan
Skor2 = Mengajukan pendapat kurang sesuai pokok permasalahan
Skor3 = Mengajukan pendapat sesuai pokok permasalahan
Kriteria
Pemberian Skor Aspek No. 4
Skor 0 = Tidak bekerjasama dalam kelompok
Skor 1 = Kurang bekerjasama dalam kelompok
Skor2 = Bekerjasama dalam kelompok dengan baik
Skor3 = Sangat baik kerjasama dalam kelompok
Kriteria
Pemberian Skor Aspek No. 5
Skor 0 = Tidak aktif selama eksperimen berlangsung
Skor 1 = Kurang aktif selama eksperimen berlangsung
Skor2 = Aktif selama eksperimen berlangsung
Skor3 = Sangat aktif selama eksperimen berlangsung
Kriteria Keseluruhan/Total:Merupakan
nilai hasil penjumlahan setiap aspek dengan rincian:
Total 13-15 = amat baik
Total 10-12 = baik
Total 7-9 = sedang
Total 5-6 = kurang
Total 0-4 = sangat kurang
LEMBAR
TES PSIKOMOTOR
Tujuan : Lembar
Tes Psikomotor digunakan oleh guru untuk mengakses (mendapatkan informasi)
tentang keterampilan psikomotor siswa saat eksperimen tentang debit
berlangsung.
Petunjuk: 1. Amati komponen-komponen psikomotor yang
tampak dalam proses pembelajaran.
2. Ambil
posisi tidak jauh dari kelompok/siswa yang diamati pada saat melakukan
pengematan.
3.
Berikan tanda Ö pada lajur yang sesuai
Nama
Siswa : ____________________________________
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
|||
0
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Melakukan
eksperimen menggunakan alat-alat yang tersedia untuk mengetahui hubungan
debit terhadap volume dan waktu
|
Kriteria Pemberian Skor:
Skor 0 = Tidak mampu melakukan eksperimen seperti yang telah diinstruksikan
Skor 1 = Kurang mampu melakukan eksperimen seperti yang telah diinstruksikan
Skor2 = Cukup mampu melakukan eksperimen seperti yang telah diinstruksikan
Skor3 = Sangat terampil melakukan eksperimen seperti yang telah
diinstruksikan
izin copy pak
BalasHapusSalam kenal dan izin copy. Suwun. Kangmunirhs@gmail.com
BalasHapuscara penyekoran nilainya gmna pak itu?
BalasHapusmksih infonya,..
BalasHapusizin copy,....
Pak, ini sumbernya mana ya?
BalasHapusDaftar pustaka apa ni kak?
BalasHapusIzin copy pak
BalasHapusIzin copy pak
BalasHapusIjin meng copy ya pak..sepertinya ini cocok untuk saya.tks
BalasHapusizin copypaste ya kak
BalasHapus