TUGAS
PENILAIAN OTENTIK
RUBRIK
PENILAIAN SCIENCE PROCCESS SKILL
Oleh:
M.Mukhlas
Adi Putra
Dosen
Pengampu:
Dr.
Risnita, M.Pd
Dr.
Syamsurizal, M.Si
Dr.
rer. nat. Rayandra Asyhar, M.Si
MAGISTER PENDIDIKAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS JAMBI
2012
RUBRIK PENILAIAN KINERJA SCIENCE PROCCESS SKILL PRAKTIKUM DEBIT
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas :
VI Sekolah Dasar
Materi :
Debit
Jenis Kegiatan :
Eksperimen terhadap hubungan Debit dengan volume dan waktu
Langkah-langkah dalam eksperimen:
Sebelum dan saat melakukan eksperimen, guru melihat kinerja siswa
dalam hal observing, yaitu kemampuan siswa mengobservasi alat dan bahan
yang dibutuhkan serta apa yang terjadi selama proses eksperimen. Selanjutnya
dilihat sisi classifying. Yaitu kemampuan siswa untuk
mengelompokkan alat dan bahan kepada apa yang ingin diukur. Lalu dilihat sisi measuring,
yaitu kemampuan siswa untuk menghitung dan menganalisa hasil eksperimen
berdasarkan rumusan debit yang telah diperoleh. Juga dilhat sisi predictionnya,
dimana siswa mencoba untuk melakukan suatu prediksi berdasarkan hasil
eksperimennya melalui berbagai pertanyaan. Setelah eksperimen selesai, siswa
diminta mempresentasikan (Communicating) dan membuat kesimpulan (Conclusion)
terhadap hasil kerjanya.
Observing
Petunjuk: Pada tahap ini siswa diajak untuk mengobservasi hal-hal
yang berhubungan dengan debit disekitar laboratorium tempat diadakan
eksperimen, mulai dari wastafel, selang yang telah disiapkan serta pengukur
waktu (stopwatch). Siswa diminta menjawab pertanyaan seputar apa yang mereka
lihat.
Contoh penilaian:
1.
Berikan
hasil pengamatan anda mengenai laboratorium ini yang berhubungan dengan debit,
volume dan waktu.
Classifying
Petunjuk: Dari hasil pengamatan, siswa diajak untuk mengelompokkan
jenis-jenis benda yang berhubungan dengan debit serta apakah benda itu dapat digunakan
untuk mengukur volume dan waktu serta mencari besar nilai sesuatu yang nantinya
akan mereka hitung debitnya.
Contoh:
Nama benda
|
Mengukur Volume
|
Mengukur Waktu
|
Kran
|
-
|
-
|
Ember 1 liter
|
V
|
-
|
Stopwatch
|
-
|
V
|
Selang
|
-
|
-
|
Gelas kimia 500 ml
|
V
|
-
|
Contoh:
Percobaan
|
Volume
|
Waktu
|
Debit
|
Percobaan I: kran dibuka penuh dan air dimasukkan kedalam ember 1
liter
|
1 liter (diisi murid)
|
5 menit (diisi murid)
|
…
|
Percobaan II: Kran dialrkan ke selang dengan diameter 1 cm ke
gelas kimia berukuran 500 ml
|
500 ml (diisi murid)
|
7 menit (diisi murid)
|
…
|
Measuring
Petunjuk: Siswa diajak untuk menghitung debit dari eksperimen yang
mereka lakukan, data yang didapat didasarkan kepada hasil classifying mengenai
besar nilai yang mereka dapat dari eksperimen.
Contoh (table didapatkan dari table classifying)
Percobaan
|
Volume
|
Waktu
|
Debit
|
Percobaan I: kran dibuka penuh dan air dimasukkan kedalam ember 1
liter
|
1 liter (diisi murid)
|
5 menit (diisi murid)
|
v/d = 1/5 = 0,2 l/menit
|
Percobaan II: Kran dialrkan ke selang dengan diameter 1 cm ke
gelas kimia berukuran 500 ml
|
500 ml (sda)
|
7 menit (sda)
|
v/d = 500/7=71,4 ml/menit
|
Prediction
Siswa diminta memprediksikan hasil eksperimen dengan sejumlah
pertanyaan yang ditanyakan.
Contoh:
1.
Misalkan
kalian mengisi ember dengan bantuan selang berdiameter 1 cm kemudian
dilanjutkan dengan selang berdiameter 2 cm untuk ember yang samamelalui keran
yang dibuka sama-sama penuh, yang mana yang akan terisi penuh duluan? Sertakan
alasannya
Communicating
Petunjuk: Siswa dalam setiap kelompok mempresentasikan dan
menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan hasil eksperimennya pada materi debit,
kelompok lain menanggapi.
Conclusion
Siswa memberikan kesimpulan atas hasil eksperimen mereka.
Contoh:
Berikan kesimpulan tentang hasil eksperimen tersebut.
Lembar
Pertanyaan Praktikum Debit
1.
Amatilah
laboratorium di sekolahmu. Berikan 5 hasil pengamatanmu mengenai laboratorium
yang berhubungan dengan debit, volume dan waktu.
2.
Dari
hasil pengamatan, kelompokkanlah jenis-jenis benda yang berhubungan dengan
debit serta apakah benda tersebut dapat digunakan untuk mengukur volume dan
waktu dalam table berikut ini.
Tabel 1.
Gunakan tanda centrang (v) untuk benda yang sesuai kriteria.
Nama
benda
|
Mengukur
Volume
|
Mengukur
Waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Isilah
table dibawah ini sesuai percobaan yang dilakukan. Kemudian hitunglah debitnya.
Tabel 2. Isilah
table berikut sesuai urutan percobaan yang dilakukan, kemudian hitunglah
debitnya.
Percobaan
|
Volume
|
Waktu
|
Debit
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Misalkan
kamu mengisi ember dengan bantuan selang berdiameter 1 cm kemudian dilanjutkan
dengan selang berdiameter 2 cm untuk ember yang sama melalui keran yang
sama-sama dibuka penuh, yang mana yang akan terisi penuh duluan? Sertakan
alasannya.
5.
Berikan
2 kesimpulanmu mengenai debit berdasarkan eksperimen yang telah dilakukan..
RUBRIK PENILAIAN
1.
Amatilah laboratorium di sekolahmu. Berikan 5 hasil pengamatanmu
mengenai laboratorium yang berhubungan dengan debit, volume dan waktu.
Contoh jawaban yang diperbolehkan:
a.
Selang
dengan berbagai macam panjang dan ukuran.
b.
Kran
air yang tertutup dan ada yang sebagian terbuka.
c.
Berbagai
macam wadah terletak didekat wastafel.
d.
Setiap
wadah mmiliki kadar ukuran yang berbeda-beda.
e.
Terdapat
stopwatch serta pengukur waktu lainnya seperti jam dinding.
Contoh jawaban yang tidak
diperbolehkan:
Semua jawaban yang tidak berhubungan dengan materi. Contoh:
a.
Terdapat
kotoran disekitar wastafel.
b.
Wadah
air terlihat usang dan sudah lama tak digunakan.
c.
Terdapat
timbangan badan dipinggir laboratorium.
d.
Termometer
terletak di lemari.
Ket: Setiap
jawaban yang benar mendapatkan nilai 1 untuk masing-masing jawaban. Nilai
maksimal untuk soal nomor 1 adalah 5.
2.
Dari hasil pengamatan, kelompokkanlah jenis-jenis benda yang berhubungan
dengan debit serta apakah benda tersebut dapat digunakan untuk mengukur volume
dan waktu dalam table berikut ini.
Tabel 1.
Gunakan tanda centrang (v) untuk benda yang sesuai kriteria mengukur volume
atau waktu.
Nama
benda yang berhubungan dengan debit
|
Mengukur
Volume
|
Mengukur
Waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
penilaian:
Nama benda
|
nilai
|
Mengukur
|
nilai
|
Jumlah
|
Kran
|
1
|
-
|
-
|
1
|
Selang
|
1
|
-
|
-
|
1
|
Ember 1 liter
|
1
|
Volume
|
1
|
2
|
Stopwatch
|
1
|
Waktu
|
1
|
2
|
Gelas kimia 500 ml
|
1
|
volume
|
1
|
2
|
Total nilai
|
8
|
Ket:
Untuk jawaban benar dari masing-masing alat nilainya 1. Untuk fungsi mengukur
dari suatu benda, jawaban yang benar bernilai 1 dan salah 0. Nilai maksimal
adalah 8.
3.
Isilah tabel dibawah ini sesuai percobaan yang dilakukan. Kemudian
hitunglah debitnya.
Percobaan
|
Volume
|
Waktu
|
Debit
|
Percobaan 1: mengisi ember dengan air melalui kran.
|
|
|
|
Percobaan 2: Mengisi ember dengan air melalui kran yang
menggunakan selang
|
|
|
|
Percobaan 3: Mengisi gelas kimia denan air melalui kran.
|
|
|
|
Percobaan 4: Mengisi gelas kimia dengan air melalui kran yang
menggunakan selang
|
|
|
|
Rubrik
penilaian:
Kriteria
penilaian klasifikasi volume:
· (Nilai 2) jika diisi sesuai kolom volume serta satuannya tepat.
· (Nilai 1) jika diisi sesuai kolom volume namun tanpa satuan atau
satuan tidak tepat.
· (Nilai 0) jika diisi tidak sesuai kolomnya atau tidak diisi
Kriteria
penilaian klasifikasi waktu:
· (Nilai 2) jika diisi sesuai kolom waktu serta satuannya tepat.
· (Nilai 1) jika diisi sesuai kolom waktu namun tanpa satuan atau
satuan tidak tepat.
· (Nilai 0) jika diisi tidak sesuai kolomnya atau tidak diisi
Kriteria
penilaian measuring debit:
· (Nilai 3) jika jawaban tepat serta menyertakan langkah dan satuan
yang tepat.
· (Nilai 2) Jika jawaban salah namun menyertakan langkah serta satuan
tepat.
· (Nilai 1) Jika jawaban serta satuan tepat namun tidak menyertakan
langkah.
· (Nilai 0) Jika jawaban salah serta tidak ada langkah.
TOTAL NILAI
MAKSIMAL=
nilai max.
volume x 4 percobaan = 2 x 4 = 8
nilai max.
waktu x 4 percobaan = 2 x 4 = 8
nilai max.
pengukuran debit x 4 percobaan = 3 x 4 = 12
Total
nilai maksimal = 28
4.
Misalkan kamu mengisi ember dengan bantuan selang berdiameter 1 cm
kemudian dilanjutkan dengan selang berdiameter 2 cm untuk ember yang sama
melalui keran yang sama-sama dibuka penuh, selang yang mana yang akan terisi
penuh duluan? Sertakan alasannya.
Jawab: Yang
lebih dulu terisi penuh adalah air yang dialirkan melalui selang berdiameter 2
cm. Alasannya karena selang berdiameter 1 cm memiliki ukuran yang lebih kecil
dibanding selang berdiameter 2 cm, hal ini menyebabkan aliran air menjadi lebih
kecil dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengisi ember.
Kriteria
penilaian:
·
(Nilai
2) Jika jawaban benar, alasan logis dan berhubungan dengan materi debit.
·
(Nilai
1) Jika jawaban benar, namun alasan tidak logis/tidak berhubungan dengan materi
debit.
·
(Nilai
0) Jika jawaban salah.
Nilai
maksimal = 2
5.
Berikan 2 kesimpulanmu mengenai debit berdasarkan eksperimen yang
telah dilakukan.
Jawaban:
a.
Debit
adalah hubungan antara volume dengan waktu. (Nilai 1)
b.
Setiap
air yang mengalir memiliki rentang waktu tertentu untuk mengisi suatu wadah;
air yang mengalir mengisi suatu wadah berhubungan dengan lamanya waktu
mengisinya. (Nilai 2=menjawab sempurna atau menyerupai jawaban sebenarnya,
Nilai 1=menjawab sebagian)
Nilai
maksimal = 3
Rubrik
Penilaian Presentasi Hasil Eksperimen
Aspek
|
Kriteria
|
Jumlah
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Penggunaan
bahasa
|
|
|
|
|
|
Suara
|
|
|
|
|
|
Hubungan
dengan materi
|
|
|
|
|
|
TOTAL
|
|
Kriteria
Penggunaan bahasa:
Nilai
4 = Bahasa yang digunakan mudah dipahami, tidak berbelit-belit, bicara dengan bahasa yang
baku/sesuai EYD, bahasa yang digunakan jelas.
Nilai
3 = Bahasa yang digunakan kurang dapat dipahami karena agak berbelit
belit/kurang jelas, namun bicara dengan bahasa baku/EYD.
Nilai
2 = Bahasa yang digunakan kurang dapat dipahami karena
berbelit-belit/kurang jelas, bicara terkadang menggunakan bahas yang tidak
baku.
Nilai
1 = Bahasa yang digunakan tidak dapat dipahami, tidak menggunakan
bahasa yang baku.
Kriteria Suara:
Nilai
4 = Suara lantang, jelas dan terdengar oleh semua audiens.
Nilai
3 = Suara lantang dan jelas namun tidak semua audiens bisa mendengar
dengan jelas.
Nilai
2 = Suara tidak begitu lantang/sedikit pelan, sebagian audiens tidak
dapat mendengar dengan jelas.
Nilai
1 = Suara pelan/lemas, sebagian besar audiens yang tidak mendengar
dengan jelas.
Kriteria
hubungan dengan materi:
Nilai
4 = Hal yang dipresentasikan berhubungan dengan materi dan sesuai
yang telah dieksperimenkan.
Nilai
3 = Hal yang dipresentasikan berhubungan dengan materi namun
terdapat sedikit penjelasan yang tidak berhubungan dengan yang dieksperimenkan.
Nilai
2 = Hal yang dipresentasikan kurang berhubungan dengan materi dan
sebagian besar tidak sesuai dengan yang dieksperimenkan atau yang dipelajari.
Nilai
1 = Hal yang dipresentasikan tidak berhubungan dengan materi serta
tidak sesuai dengan apa yang telah dipelajari dan dieksperimenkan.
Jumlah
skor maksimal = 12
Penskoran
Total
Skor total
maksimal semua pertanyaan = 5+8+28+3+2+12 = 58
Nilai
akhir =(Skor yg didapat/Skor total max. semua pertanyaan) X 100
Kriteria
Science Proccess Skill:
Sangat baik : >90 Kurang : 20-59
Baik : 80-90 Sangat kurang : <20
Cukup : 60-79
Tidak ada komentar:
Posting Komentar