Minggu, 18 November 2012

Rubrik Penilaian Science Process Skill


TUGAS PENILAIAN OTENTIK
RUBRIK PENILAIAN SCIENCE PROCCESS SKILL


Oleh:
M.Mukhlas Adi Putra

Dosen Pengampu:
Dr. Risnita, M.Pd
Dr. Syamsurizal, M.Si
Dr. rer. nat. Rayandra Asyhar, M.Si














MAGISTER PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS JAMBI
2012

RUBRIK PENILAIAN KINERJA SCIENCE PROCCESS SKILL PRAKTIKUM DEBIT
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                           : VI Sekolah Dasar
Materi                          : Debit
Jenis Kegiatan             : Eksperimen terhadap hubungan Debit dengan volume dan waktu

Langkah-langkah dalam eksperimen:
Sebelum dan saat melakukan eksperimen, guru melihat kinerja siswa dalam hal observing, yaitu kemampuan siswa mengobservasi alat dan bahan yang dibutuhkan serta apa yang terjadi selama proses eksperimen. Selanjutnya dilihat sisi classifying. Yaitu kemampuan siswa untuk mengelompokkan alat dan bahan kepada apa yang ingin diukur. Lalu dilihat sisi measuring, yaitu kemampuan siswa untuk menghitung dan menganalisa hasil eksperimen berdasarkan rumusan debit yang telah diperoleh. Juga dilhat sisi predictionnya, dimana siswa mencoba untuk melakukan suatu prediksi berdasarkan hasil eksperimennya melalui berbagai pertanyaan. Setelah eksperimen selesai, siswa diminta mempresentasikan (Communicating) dan membuat kesimpulan (Conclusion) terhadap hasil kerjanya.

Observing
Petunjuk: Pada tahap ini siswa diajak untuk mengobservasi hal-hal yang berhubungan dengan debit disekitar laboratorium tempat diadakan eksperimen, mulai dari wastafel, selang yang telah disiapkan serta pengukur waktu (stopwatch). Siswa diminta menjawab pertanyaan seputar apa yang mereka lihat.
Contoh penilaian:
1.      Berikan hasil pengamatan anda mengenai laboratorium ini yang berhubungan dengan debit, volume dan waktu.

Classifying
Petunjuk: Dari hasil pengamatan, siswa diajak untuk mengelompokkan jenis-jenis benda yang berhubungan dengan debit serta apakah benda itu dapat digunakan untuk mengukur volume dan waktu serta mencari besar nilai sesuatu yang nantinya akan mereka hitung debitnya.
Contoh:

Nama benda
Mengukur Volume
Mengukur Waktu
Kran
-
-
Ember 1 liter
V
-
Stopwatch
-
V
Selang
-
-
Gelas kimia 500 ml
V
-
Contoh:
Percobaan
Volume
Waktu
Debit
Percobaan I: kran dibuka penuh dan air dimasukkan kedalam ember 1 liter
1 liter (diisi murid)
5 menit (diisi murid)
Percobaan II: Kran dialrkan ke selang dengan diameter 1 cm ke gelas kimia berukuran 500 ml
500 ml (diisi murid)
7 menit (diisi murid)

Measuring
Petunjuk: Siswa diajak untuk menghitung debit dari eksperimen yang mereka lakukan, data yang didapat didasarkan kepada hasil classifying mengenai besar nilai yang mereka dapat dari eksperimen.
Contoh (table didapatkan dari table classifying)

Percobaan
Volume
Waktu
Debit
Percobaan I: kran dibuka penuh dan air dimasukkan kedalam ember 1 liter
1 liter (diisi murid)
5 menit (diisi murid)
v/d = 1/5 = 0,2 l/menit
Percobaan II: Kran dialrkan ke selang dengan diameter 1 cm ke gelas kimia berukuran 500 ml
500 ml (sda)
7 menit (sda)
v/d = 500/7=71,4 ml/menit

Prediction
Siswa diminta memprediksikan hasil eksperimen dengan sejumlah pertanyaan yang ditanyakan.
Contoh:
1.      Misalkan kalian mengisi ember dengan bantuan selang berdiameter 1 cm kemudian dilanjutkan dengan selang berdiameter 2 cm untuk ember yang samamelalui keran yang dibuka sama-sama penuh, yang mana yang akan terisi penuh duluan? Sertakan alasannya

Communicating
Petunjuk: Siswa dalam setiap kelompok mempresentasikan dan menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan hasil eksperimennya pada materi debit, kelompok lain menanggapi.

Conclusion
Siswa memberikan kesimpulan atas hasil eksperimen mereka.
Contoh:
Berikan kesimpulan tentang hasil eksperimen tersebut.











Lembar Pertanyaan Praktikum Debit
1.      Amatilah laboratorium di sekolahmu. Berikan 5 hasil pengamatanmu mengenai laboratorium yang berhubungan dengan debit, volume dan waktu.
2.      Dari hasil pengamatan, kelompokkanlah jenis-jenis benda yang berhubungan dengan debit serta apakah benda tersebut dapat digunakan untuk mengukur volume dan waktu dalam table berikut ini.
Tabel 1. Gunakan tanda centrang (v) untuk benda yang sesuai kriteria.
Nama benda
Mengukur Volume
Mengukur Waktu
















3.      Isilah table dibawah ini sesuai percobaan yang dilakukan. Kemudian hitunglah debitnya.
Tabel 2. Isilah table berikut sesuai urutan percobaan yang dilakukan, kemudian hitunglah debitnya.
Percobaan
Volume
Waktu
Debit
























4.      Misalkan kamu mengisi ember dengan bantuan selang berdiameter 1 cm kemudian dilanjutkan dengan selang berdiameter 2 cm untuk ember yang sama melalui keran yang sama-sama dibuka penuh, yang mana yang akan terisi penuh duluan? Sertakan alasannya.
5.      Berikan 2 kesimpulanmu mengenai debit berdasarkan eksperimen yang telah dilakukan..



























RUBRIK PENILAIAN
1.        Amatilah laboratorium di sekolahmu. Berikan 5 hasil pengamatanmu mengenai laboratorium yang berhubungan dengan debit, volume dan waktu.
Contoh jawaban yang diperbolehkan:
a.       Selang dengan berbagai macam panjang dan ukuran.
b.      Kran air yang tertutup dan ada yang sebagian terbuka.
c.       Berbagai macam wadah terletak didekat wastafel.
d.      Setiap wadah mmiliki kadar ukuran yang berbeda-beda.
e.       Terdapat stopwatch serta pengukur waktu lainnya seperti jam dinding.
Contoh jawaban yang tidak diperbolehkan:
Semua jawaban yang tidak berhubungan dengan materi. Contoh:
a.       Terdapat kotoran disekitar wastafel.
b.      Wadah air terlihat usang dan sudah lama tak digunakan.
c.       Terdapat timbangan badan dipinggir laboratorium.
d.      Termometer terletak di lemari.
Ket: Setiap jawaban yang benar mendapatkan nilai 1 untuk masing-masing jawaban. Nilai maksimal untuk soal nomor 1 adalah 5.

2.        Dari hasil pengamatan, kelompokkanlah jenis-jenis benda yang berhubungan dengan debit serta apakah benda tersebut dapat digunakan untuk mengukur volume dan waktu dalam table berikut ini.
Tabel 1. Gunakan tanda centrang (v) untuk benda yang sesuai kriteria mengukur volume atau waktu.
Nama benda yang berhubungan dengan debit
Mengukur Volume
Mengukur Waktu














Rubrik penilaian:
Nama benda
nilai
Mengukur
nilai
Jumlah
Kran
1
-
-
1
Selang
1
-
-
1
Ember 1 liter
1
Volume
1
2
Stopwatch
1
Waktu
1
2
Gelas kimia 500 ml
1
volume
1
2
Total nilai
8

Ket: Untuk jawaban benar dari masing-masing alat nilainya 1. Untuk fungsi mengukur dari suatu benda, jawaban yang benar bernilai 1 dan salah 0. Nilai maksimal adalah 8.

3.        Isilah tabel dibawah ini sesuai percobaan yang dilakukan. Kemudian hitunglah debitnya.
Percobaan
Volume
Waktu
Debit
Percobaan 1: mengisi ember dengan air melalui kran.



Percobaan 2: Mengisi ember dengan air melalui kran yang menggunakan selang



Percobaan 3: Mengisi gelas kimia denan air melalui kran.



Percobaan 4: Mengisi gelas kimia dengan air melalui kran yang menggunakan selang





Rubrik penilaian:
Kriteria penilaian klasifikasi volume:
·  (Nilai 2) jika diisi sesuai kolom volume serta satuannya tepat.
·  (Nilai 1) jika diisi sesuai kolom volume namun tanpa satuan atau satuan tidak tepat.
·  (Nilai 0) jika diisi tidak sesuai kolomnya atau tidak diisi

Kriteria penilaian klasifikasi waktu:
·  (Nilai 2) jika diisi sesuai kolom waktu serta satuannya tepat.
·  (Nilai 1) jika diisi sesuai kolom waktu namun tanpa satuan atau satuan tidak tepat.
·  (Nilai 0) jika diisi tidak sesuai kolomnya atau tidak diisi

Kriteria penilaian measuring debit:
·  (Nilai 3) jika jawaban tepat serta menyertakan langkah dan satuan yang tepat.
·  (Nilai 2) Jika jawaban salah namun menyertakan langkah serta satuan tepat.
·  (Nilai 1) Jika jawaban serta satuan tepat namun tidak menyertakan langkah.
·  (Nilai 0) Jika jawaban salah serta tidak ada langkah.

TOTAL NILAI MAKSIMAL=
nilai max. volume x 4 percobaan = 2 x 4 = 8
nilai max. waktu x 4 percobaan = 2 x 4 = 8
nilai max. pengukuran debit x 4 percobaan = 3 x 4 = 12
Total nilai maksimal = 28

4.        Misalkan kamu mengisi ember dengan bantuan selang berdiameter 1 cm kemudian dilanjutkan dengan selang berdiameter 2 cm untuk ember yang sama melalui keran yang sama-sama dibuka penuh, selang yang mana yang akan terisi penuh duluan? Sertakan alasannya.
Jawab: Yang lebih dulu terisi penuh adalah air yang dialirkan melalui selang berdiameter 2 cm. Alasannya karena selang berdiameter 1 cm memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding selang berdiameter 2 cm, hal ini menyebabkan aliran air menjadi lebih kecil dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengisi ember.
Kriteria penilaian:
·         (Nilai 2) Jika jawaban benar, alasan logis dan berhubungan dengan materi debit.
·         (Nilai 1) Jika jawaban benar, namun alasan tidak logis/tidak berhubungan dengan materi debit.
·         (Nilai 0) Jika jawaban salah.
Nilai maksimal = 2

5.        Berikan 2 kesimpulanmu mengenai debit berdasarkan eksperimen yang telah dilakukan.
Jawaban:
a.       Debit adalah hubungan antara volume dengan waktu. (Nilai 1)
b.      Setiap air yang mengalir memiliki rentang waktu tertentu untuk mengisi suatu wadah; air yang mengalir mengisi suatu wadah berhubungan dengan lamanya waktu mengisinya. (Nilai 2=menjawab sempurna atau menyerupai jawaban sebenarnya, Nilai 1=menjawab sebagian)
Nilai maksimal = 3

Rubrik Penilaian Presentasi Hasil Eksperimen
Aspek
Kriteria
Jumlah
4
3
2
1
Penggunaan bahasa





Suara





Hubungan dengan materi





TOTAL

Kriteria Penggunaan bahasa:
Nilai 4 = Bahasa yang digunakan mudah dipahami, tidak  berbelit-belit, bicara dengan bahasa yang baku/sesuai EYD, bahasa yang digunakan jelas.
Nilai 3 = Bahasa yang digunakan kurang dapat dipahami karena agak berbelit belit/kurang jelas, namun bicara dengan bahasa baku/EYD.
Nilai 2 = Bahasa yang digunakan kurang dapat dipahami karena berbelit-belit/kurang jelas, bicara terkadang menggunakan bahas yang tidak baku.
Nilai 1 = Bahasa yang digunakan tidak dapat dipahami, tidak menggunakan bahasa yang baku.

Kriteria Suara:
Nilai 4 = Suara lantang, jelas dan terdengar oleh semua audiens.
Nilai 3 = Suara lantang dan jelas namun tidak semua audiens bisa mendengar dengan jelas.
Nilai 2 = Suara tidak begitu lantang/sedikit pelan, sebagian audiens tidak dapat mendengar dengan jelas.
Nilai 1 = Suara pelan/lemas, sebagian besar audiens yang tidak mendengar dengan jelas.

Kriteria hubungan dengan materi:
Nilai 4 = Hal yang dipresentasikan berhubungan dengan materi dan sesuai yang telah dieksperimenkan.
Nilai 3 = Hal yang dipresentasikan berhubungan dengan materi namun terdapat sedikit penjelasan yang tidak berhubungan dengan yang dieksperimenkan.
Nilai 2 = Hal yang dipresentasikan kurang berhubungan dengan materi dan sebagian besar tidak sesuai dengan yang dieksperimenkan atau yang dipelajari.
Nilai 1 = Hal yang dipresentasikan tidak berhubungan dengan materi serta tidak sesuai dengan apa yang telah dipelajari dan dieksperimenkan.

Jumlah skor maksimal = 12

Penskoran Total
Skor total maksimal semua pertanyaan = 5+8+28+3+2+12 = 58
Nilai akhir =(Skor yg didapat/Skor total max. semua pertanyaan) X 100

Kriteria Science Proccess Skill:
Sangat baik     : >90                            Kurang                        : 20-59
Baik                 : 80-90                         Sangat kurang : <20
Cukup             : 60-79

Tidak ada komentar:

Posting Komentar