Selasa, 06 November 2012


TUGAS PENILAIAN OTENTIK
RUBRIK PENILAIAN KINERJA




Oleh:
M.Mukhlas Adi Putra

Dosen Pengampu:
Dr. Risnita, M.Pd
Dr. Syamsurizal, M.Si
Dr. rer. nat. Rayandra Asyhar, M.Si














MAGISTER PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS JAMBI
2012


RUBRIK PENILAIAN KINERJA PRAKTIKUM DEBIT

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                           : VI Sekolah Dasar
Materi                          : Debit
Jenis Kegiatan             : Eksperimen terhadap hubungan Debit dengan volume dan waktu

PROSEDUR
Cat: Prosedur ini dibuat agar para siswa sekalian bisa menggali informasi mengenai debit. Lakukan investigasi baik melalui sumber belajar maupun eksperimen agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1.      Apa saja satuan volume yang anda ketahui?
2.      Apa saja jenis satuan waktu yang sudah anda ketahui?
3.      Apa yang terjadi jika anda menuangkan air ke dalam suatu wadah dengan jumlah tertentu (terserah siswa, tidak ditentukan; misal 30 ml) pada suatu keran/wastafel yang dibuka sedikit? Berapa lamakah kalian menunggu hingga air tersebut terisi sesuai jumlah yang ditentukan?
4.      Bagaimana jika air yang sudah dimasukkan kedalam wadah itu dialirkan melalui berbagai macam bentuk selang?
5.      Dari eksperimen yang sudah dilakukan, Apa yang dapat disimpulkan mengenai volume dan waktu?

Lembar penilaian ini dimaksudkan untuk menilai dari awal proses praktikum hingga selesai mengenai materi debit. Berilah tanda centrang pada kolom yang sesuai dengan hasil observasi.


Nama Siswa    :_________________________
Aspek
Skor
Nilai
1
2
3
4
Pengetahuan





Pemikiran





Produk





Skill





Sikap





Total



Kriteria penskoran untuk aspek Pengetahuan:
Skor 1  = Kurang menggunakan pengetahuan yang telah dipelajari.
Skor 2  = Terkadang menggunakan pengetahuan yang telah dipelajari.
Skor 3  = Menggunakan pengetahuan yang dipelajari dengan baik.
Skor 4  = Menggunakan pengetahuan yang dipelajari dengan sangat baik.


Kriteria penskoran untuk aspek Pemikiran:
Skor 1  = Kurang mampu mengemukakan alasan; alasan tidak sesuai apa yang telah dipelajari  atau sesuai materi.
Skor 2  = Mengemukakan alasan seadanya; terkadang tidak sesuai dengan yang telah dipelajari.
Skor 3  = Mengemukakan alasan dengan baik, sesuai materi yang telah dipelajari.
Skor 4  = Mengemukakan alasan dengan sangat baik sesuai materi yang telah dipelajari.

Kriteria penskoran untuk aspek Produk:
Skor 1  = Produk yang dihasilkan tidak sesuai prosedur yang diharapkan.
Skor 2  = Produk yang dihasilkan sesuai prosedur, namun banyak terdapat kekurangan.
Skor 3  = Produk yang dihasilkan sesuai prosedur, namun terdapat sedikit kekurangan.
Skor 4  = Produk yang dihasilkan sesuai prosedur tanpa ada kekurangan.

Kriteria penskoran untuk aspek Skill:
Skor 1  = Kurang terampil dalam melakukan eksperimen; banyak melakukan kesalahan selama proses eksperimen.
Skor 2  = Terampil melakukan eksperimen; cekatan, namun terdapat kesalahan dalam prosesnya.
Skor 3  = Terampil melakukan eksperimen; cekatan dengan sedikit kesalahan dalam prosesnya.
Skor 4  = Sangat terampil dan cekatan melakukan eksperimen tanpa ada kesalahan dalam prosesnya.
Kriteria penskoran untuk aspek Sikap:
Skor 1  = Tidak serius dalam melakukan eksperimen; ugal-ugalan tanpa memperhatikan keselamatan; tidak melakukan eksperimen sesuai prosedur yang telah diberikan.
Skor 2  = Kurang serius melakukan eksperimen; terkadang sedikit ugal-ugalan dalam melakukan eksperimen; tidak melakukan semua prosedur eksperimen yang diberikan dan hanya beberapa.
Skor 3  = Serius melakukan eksprimen; tidak ugal-ugalan; melakukan hampir semua prosedur yang diberikan.
Skor 4  = Sangat serius melakukan eksperimen; tidak ugal-ugalan dari awal hingga akhir proses; melakukan semua prosedur yang diberikan.

Kriteria skor total= Jumlah nilai dari setiap aspek dengan kriteria sebagai berikut:

Total    : 18-20 = Sangat baik
Total    : 15-17 = Baik
Total    : 12-14 = Cukup
Total    : 9-11   = Kurang
Total    : 4-8     = Sangat kurang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar